Rabu, 16 Desember 2015

Mewarnai Objek yang Rumit

Mewarnai tidak sekedar untuk doodle loh. Ada lagi mewarnai untuk objek yang rumit semisal zentangle. Menggambar zentangle sebenarnya mirip seperti doodle. Hanya saja, objek yang bersifat simetris diisi dengan pola-pola yang sekiranya tampak rumit. Seperti wajah manusia yang difoto, lalu kita buat ulang dengan menggambarnya, tentu akan terasa kosong seperti di bagian pipi dan dahi. Maka, kita membuat ornamen-ornamen untuk mengisi bagian kosong dari dahi dan pipi. Nah, coba lihat gambar dibawah ini. Itu adalah gambar dari buku My Own World Coloring Book For Adult Edisi Human And Animal terbitan ReneBook yang pernah saya ulas artikelnya di blog ini. Silahkan lihat kembali. Lalu kita coba mewarnai. Ingat, kita akan menggunakan teknik mewarnai apapun disini dengan konsep tabrak warna (tidak perlu melihat apakah warnanya cocok atau sepadan yang penting warnai saja). Oia, saya menggunakan pensil warna agar lebih beragam warnanya.

Mewarnai Objek yang Rumit

Nah, saya mewarnai dari wilayah wajah singa yang tengah lalu melingkar ke arah luar. Bisa dilihat sebagian di bawah ini.

Mewarnai Objek yang Rumit

Setelah kamu berhasil mewarnai bagian tengah dari gambar yang rumit, maka, kamu bisa meneruskannya untuk mewarnai bagian kosong sisanya. Bisa kamu lihat di gambar yang sudah saya warnai tapi belum sempurna dibawah ini.

Mewarnai Objek yang Rumit

Nah, tampak lebih keren kan? Warnai dengan pensil warna agar nantinya jika kamu ingin member gradasi dengan menimpa warna yang sudah kamu beri di gambarmu, tidak akan merusak kertasnya. Teknik untuk mewarnai yang saya gunakan ada dua disini yaitu blocking dan gradasi. Blocking adalah mewarnai suatu objek secara penuh. Sudah saya bahas juga di artikel lainnya. Sedangkan gradasi yaitu memberi efek satu gambar dengan berbagai macam warna hingga tampak gelap terang atau warna yang tercampur. Biasanya gradasi jika handala malah memberi warna baru yang tidak kamu temukan dalam pensil warnamu. Nah, hasil jadi gambar diatas setelah diwarnai akan seperti dibawah ini.

Mewarnai Objek yang Rumit

Nah, gambar yang diwarnai sudah jadi. Bagus? Tentu, tapi masih jauh dari sempurna. Oke, saya mengambil banyak jalan pintas di bagian mewarnai rambut dari wajah singa ini. Yaitu warna kuning, lalu saya timpa dengan warna orange muda. Setelah itu, saya timpa lagi dengan warna abu-abu. Ya, kalau dilihat dari jarak dekat bisa tampak gradasi warna dan efek gelap terangnya. Tapi karena saya coba potret malah tidak begitu tampak. Tidak masalah. Tutorial akhirnya selesai untuk mewarnai gambar rumit ini. Jangan takut untuk menabrakkan warna atau mengkombinasikan warna walau terasa tidak umum untuk dilakukan, lakukan saja. Selamat mengurangi penat hari ini.

Bagikan

Jangan lewatkan

Mewarnai Objek yang Rumit
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>